Mengapa kita membedakan antara Sunni dan
syiah, padahal kita memerlukan persatuan?
Dr Abdul Rahim Ballouchiy
Bagaimana mungkin terjadi persatuan antara Islam
dan mereka yang menolak Islam[1]....
antara penolong Allah dan syiah(kelompok, penolong) syaithon? persatuan dan
kesatuan tidaklah didasarkan kecuali pada aqidah dan agama kita, bahkan kesatuan
atau wihdah ummah itu harus dibangun diatas persamaan aqidah sebagaimana
dikatakan As syahid Sayyid Quthb: ”Sudah menjadi kelaziman untuk menjadikan
aqidah sebagai barometer keanggotaan dalam sebuah pergerakan yang bertujuan
untuk mengembalikan manusia menuju pada uluhiyatullah, rububiyyatullah,
kekuasaan, syariat Allah“. Dikisahkan ketika Bani Israel menyembah anak sapi
kemudian Musa datang kepada mereka, kemudian dengan marah dia menarik jenggot
saudaranya, ketika itu Harun Beralasan :

”Wahai
saudaraku janganlah kamu menarik jenggotku dan juga kepalaku, sesungguhnya
yang aku khawatirkan adalah jika kamu berkata: ’sesungguhnya kamu telah memecah
belah bani Israel, dan kamu tidak mendengar perkataanku’“.
(Toha ayat 94). Harun berpendapat bahwa membiarkan Bani Israel tetap
menyembah patung anak sapi hingga datangnya Musa. Dan dia khawatir dianggap
telah memecah belah bani Israel. Maka Musa mencacinya dengan sangat keras.
Sesungguhnya perpecahan dalam keadaan tauhid lebih baik daripada persatuan
dalam kemusyrikan. Dan kita tidak lupa apa yang diriwayatkan Bukhori bahwasanya
Malaikat menyebutkan Muhammad sebagai orang yang memecah manusia.
Maka jika kaum Rafidhoh menghendaki persatuan, mengapa mereka menindas kalangan
Sunni di negeri mereka dan menghalalkan darah mereka semenjak masa pemerintahan
Qoromithoh hingga saat ini di negeri Iran?... Dan perlu diketahui bahwa bukanlah
kita yang memulai serangan-serangan ini akan tetapi merekalah yang menyulutkan
api. Dan seandainya celaan dan hinaan mereka hanya ditujukan kepada kita,
niscaya tidak akan menjadi masalah besar. Akan tetapi hinaan dan celaan tadi
ditujukan kepada keluarga Rasulullah saw, kepada istri-istri beliau-ummahutul
mukminin dan juga kepada para orang tua istri-istri beliau, para sahabat dan
juga mereka yang mengikuti sunnah beliau“. Kaum Rafidhoh mengakui bahwa yang
memulai dengan celaan terhadap para sahabat adalah Ibn Saba’ seorang Yahudi,
peletak dasar madzhab mereka. Maka tidak alasan bagi kita untuk memaafkan
mereka, karena Rasulullah saw telah bersabda: ”Sesungguhnya Allah telah
memilihku, dan telah memilih para sahabat untukku, diantara mereka ada yang
dijadikan untukku menjadi menteri, ada yang menjadi mertua, ada yang menjadi
penolong. Maka barangsiapa yang mencela mereka maka atasnya laknat Allah dan
malaikat-Nya dan laknat seluruh manusia. Allah tidak akan menerimanya dihari
kiamat kelak “.
Mengapa
mereka disebut rafidhoh ?
Bukan kita
yang memberi nama mereka dengan Rafidhoh, akan tetapi mereka sendiri yang
membuat nama buat kelompok mereka. Awalnya adalah ketika mereka datang kepada
Zaid ibn Ali ibn Husain, mereka berkata: ”Kamu berlepas diri dari Abu Bakar
sehingga kami akan bersama kamu. Beliau berkata: ”Mereka berdua adalah sahabat
kakekku, bahkan kami menjadikan mereka berdua sebagai wali kami. Mereka berkata:
”Kalau begitu kami menolakmu (rafadhnaaka) maka mereka menamakan orang yang
bersama mereka dengan Rafidhoh dan orang yang mengangkat Zaid mereka namakan
Zaidiyah. But (lihat Muqoddimah ibn Kholdun) nama ini disebutkan oleh syeikh
mereka Al Majlisi dalam bukunya Al Bihar, dia sebutkan empat hadits dari
hadits mereka.
Dalam kitab
Al Kafi jilid 8 hal 28 kulaini meriwayatkan dalam sebuah riwayat yang sangat
panjang, sebagian isinya berbunyi sebagai berikut, Abu Bashir bertanya pada Abu
Abdullah: ”kita telah dijuluki dengan sebuah julukan yang mematahkan punggung
kami dan mematikan hati kami, serta membuat para penguasa menghalalkan darah
kami karena sebuah hadits yang diriwayatkan oleh ulama mereka, Abu Abdullah
bertanya : “apakah julukan itu Rofidhoh?” jawabku “ya” lalu Abu Abdullah
menjawab: “yang menjulukimu dengan julukan itu bukanlah mereka, tapi Allah lah
yang memberi sebutan itu…”
Akan tetapi ketika mereka menyadari bahwa nama yang mereka gunakan adalah nama
yang pernah diprediksikan Rasulullah saw akan kemunculannya dan beliau
memerintahkan supaya membunuh pengikut kelompok ini, sebagian diantara mereka
berusaha untuk mengingkari nama ini. Sedangkan kami menamakan mereka dengan
Rafidhoh adalah karena penolakan mereka terhadap Islam. Telah diriwayatkan dari
Ali ibn Tholib r.a bahwasanya Rasulullah saw bersabda: ”Akan muncul diumatku di
akhir zaman nanti satu kaum yang bernama Rafidhoh, mereka menolak Islam.
Riwayat Ahmad. Kemudian Imam Ali juga meriwayatkan: ”Bersabda Rasullah saw :”
maukah kamu saya tunjukkan dengan satu amalan yang apabila kamu mengamalkannya
kamu akan masuk surga? Akan muncul di umatku satu kaum yang mempunyai sebutan
Rafidhoh, apabila kamu menjumpainya maka bunuhlah mereka, sesungguhnya mereka
adalah orang-orang musyrik.
Kemudian Ali berkata: ”Akan
ada sesudah kami nanti satu kaum yang berdalih mencintai kami, akan tetapi
mereka mendustakan kami, tanda mereka adalah mereka mencela Abu Bakar dan Umar
r.a.
Orang-orang syiah juga bersyahadat, sholat adzan dan juga haji, bagaimana kita
menganggap mereka kafir?
Orang-orang
murtad yang diperang Abu Bakar, dan dihalalkan darah mereka adalah orang–orang
yang juga bersyahadat, sholat , adzan , puasa , haji dan mengklaim diri mereka
sebagai muslim, tetapi semua itu tidak bermanfaat bagi mereka dikarenakan mereka
telah menolak untuk membayar zakat kepada kholifah (dan kaum rafidhoh menolak
zakat, dan membayarkan seperlimanya harta mereka untuk imam-imam mereka), dan
sebagian di antara orang-orang murtad tadi ada yang menganggap Musailamah sama
dengan Rasulullah saw, dengan itu darahnya halal dan mereka dianggap keluar dari
islam. Lantas bagaimana dengan mereka yang telah menganggap imam-imam mereka
satu martabat dengan Allah, mereka menyatakan bahwa imam-imam mereka mengetahui
seluruh ilmu yang dikeluarkan kepada para malaikat, Rasul dan para Nabi, mereka
juga menyatakan bahwa imam mereka mengetahui apa yang telah dan akan terjadi
kemudian, mereka juga mengetahui kapan akan mati, dan para imam tadi tidak akan
mati kecuali dengan pilihan mereka. Hal ini adalah sangat bertentangan dengan
firman Allah ta’ala:

”
Sesungguhnya Allah yang mengetahui tentang kiamat, Dia juga yang menurunkan
hujan, Dia yang mengetahui apa yang ada di rahim , seorang jiwa tidak akan
mengetahi apa yang akan dilakukannya esok hari, dan seorang jiwa tidak
mengetahui kapan dia akan mati, Sesungguhnya Allah maha mengetahui lagi Maha
Mengerti. “.
(QS. Luqman 34)
Mereka itu
adalah kelompok Rafidhoh yang mana imam Ali membakar mereka sebagaimana
diriwayatakan dalam Bukhori: ”Bahwasanya Rasulullah saw berkata tentang kaum
Khawarij: ”Dimana saja kamu jumpai mereka maka bunuhlah mereka, sungguh jika aku
menemui mereka niscaya akan aku bunuh mereka sebagaimana kaum Aad di bunuh“.
Meskipun mereka adalah orang yang banyak melakukan ibadah, bahkan para sahabat
menganggap sholat mereka lebih sedikit dari khawarij. Padahal mereka belajar
dari sahabat. Ketika itulah syahadat mereka tidak bermanfaat, ibadah mereka yang
banyak dan keislaman mereka juga tidak bermanfaat, dikarenakan mereka telah
mengkafirkan para sahabat.
Disini kami ingin mengangkat sebuah bukti yang kami
ambilkan dari ulama mereka, syiah rafidhoh Nikmatullahi al Jazairi dalam bukunya
al Anwar Nukmaniyah: ”Sesungguhnya kami tidak akan pernah sepakat dengan mereka
–kaum sunni- tentang Allah, Nabi dan Imam.
Dikarenakan mereka mengatakan: “Tuhan kami adalah yang Nabinya Muhammad dan
khalifah setelahnya Abubakar, dan kami rafidhoh tidak beriman pada tuhan itu dan
Nabi yang tadi, karena Robb yang Nabinya Muhammad dan Khalifah setelahnya adalah
Abubakar bukanlah tuhan kami[2]”
Bukanlah
lebih tepat bagi kita untuk memerangi orang Yahudi dari pada memerangi kaum yang
juga bersyahadat??
Bagaimana
kita tolong menolong dengan kaum munafikin? Bukankah Allah telah berfirman :

”Hai
orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman
kepercayaanmu orang-orang yang, di luar kalanganmu (karena) mereka tidak
henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu. Mereka menyukai apa
yang menyusahkan kamu.
Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh
hati mereka adalah lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan
kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya."
Barangkali
anda lupa bahwasanya pendiri madzhab ini Ibn Saba’ al Yahudi. Dan mereka kaum
rofidhoh, senantiasa bekerjasama sepanjang sejarah dengan orang-orang Yahudi
dan Nasrani semuanya adalah musuh umat ini, maka cukupkah hanya dengan
syahadat?
Kami ingin
kembali pada kisah peperangan Abu Bakar dengan kaum murtad (yang mana orang
rafidhoh mendukung mereka) Mutsanna ibn Harits Asy Syaibani telah mengejar
orang–orang murtad sampai masuk pada wilayah Persi, kemudian Abu bakar bertanya
kepada beliau r.a. tentang usaha pengejarannya sehingga sampai di negeri Persi,
Mutsanna berkata: ”Saya khawatir mereka akan menyerang dari belakang, jika saya
merasa aman akan hal ini niscaya akan aku perangi mereka walaupun mereka ada
di dalam istana Kisra“.
Kita bisa
mencermati apa yang dikatakan Mutsanna ketika menjawab pertanyaan Abu bakar r.a
ketika dia mengatakan: ”Saya takut apabila diserang dari belakang ....!! Adakah
kaum muslimin sekarang ini merasa aman dengan tersembunyi dari arah belakang
mereka??? Apa yang dahulu dikhawatirkan Mutsanna mustinya sekarang ini kita
lebih khawatir akan ancaman mereka disegala tempat dan waktu. Ya, memang benar
apa yang telah dilakukan Sholahuddin Al Ayyubi ketika memutuskan untuk memerangi
kaum rafidhoh terlebih dahulu sebelum memerangi orang Nasrani, dia berhasil
menumbangkan kekuasaan Ubaidiyyin (Fathimiyyah). Kalaulah tidak niscaya
Sholahuddin tak akan dapat membebaskan Al Quds dari cengkeraman pasukan Salib.
Dengan karunia Allah dan kelebihan Sholahuddin tidak terdapat satupun orang
rifidhoh di Afrika bagian utara, setelah sebelumnya tumbuh berkembang disini.
Maka dengan adanya Negara Ubaidiyyah tumbuhlah negara Nasrani di Palestina, dan
dengan adanya Negara Rafidhoh di Iran sekarang ini dan dengan terpecah belahnya
kaum muslimin tumbuhlah Negara Yahudi di Palestina.
Dan inilah
bukti sejarah yang membuktikan bahwa rafidhoh telah menjadi sebab terhambatnya
perluasan dakwah Islam. Para
sejarawan juga menyebutkan bahwa Khilafah di Istambul terpaksa harus menarik
pasukannya yang sudah berada di jantung
kota Vienna ibu kota Austria,
disebabkan karena Iran Rafidhoh melakukan penyerangan terhadap mereka... Maka
berapa banyak kebaikan yang telah mereka rusak dengan terang-terangan dan dengan
muka manis dengan melafalkan kalimah toyyibah “Laa ilaaha Illlallah”
lalu mereka menusuk kita semua dari belakang. Ya, menumpas kaum rafidhoh adalah
satu keharusan sebelum menumpas kaum Yahudi dan Nasrani. Sesungguhnya kejahatan
kaum Yahudi dan nasrani terlihat, akan tetapi kaum rafidhoh mereka adalah kaum
yang juga mengarahkan ibadah mereka ke kiblat, mereka juga memakan sembelihan
yang kita makan juga, mereka juga sholat, puasa kemudian mereka menyerang kita
dari belakang ketika kita dalam keadaan lengah.
Akan
tetapi syeikh Fulan mengatakan bahwa Rafidhoh bukanlah kaum yang kafir !!
Apakah
masalahnya hanya sekedar masalah nafsu?? Sungguh telah kami jelaskan hukum
Allah tentang kaum syiah (dari Kitab dan Sunnah) kemudian saya sertakan pula
penjelasan para ulama baik salaf maupun kholaf serta ijma’ mereka akan kafirnya
kaum rafidhoh ini. Diantara mereka adalah Rasulullah saw, Umar ibn Khothob, Ali
ibn Abi Tholib, Imam Abu Hanifa, Imam Syafi’ie, Imam Malik , Imam Ahmad, Bukhori
, Ibn Hazm Al Andalusi, Ghazali, Qdhi ‘Iyadh, Syeikhul Islam Ibn Taimiyah, Ibn
Katsir, Ibn Kholdun Ahmad ibn Yunus Syuraik, Ibn Mubarak, Ibnul Jauzi. Bahkan
Ibn Taimiyah dan Abu Hanifah mengatakan kafir orang yang menyangsikan kekafIran
syiah. Diantara Ulama kontemporer adalah Bahjatul Baithor (Suria), Hilali
(Maghrib), Albani (Jordania), Musthofa Siba’i (pendiri ikhwanul Muslimin di
Suria), Muhammad Rasyid Ridho (Mesir, dia adalah anggota sebuah gerakan yang
menyerukan pendekatan antara sunni dan syiah, akan tetapi kemudian berbalik
memusuhi syiah) dan masih banyak lagi yang lainnya Lantas apakah kita hendak
menyelisihi mereka dan kemudian lebih percaya dengan apa yang dikatakan syeikh
fulan?
Dan
ketauhilah bahwasanya barangsiapa yang mentaati ulama atau pemimpin tentang satu
hal yang haram padahal itu di halalkan Allah atau menghalalkan sesuatu yang
diharamkan Allah, ketika itu dia telah menjadikan mereka sebagai Tuan selain
Allah. Sebagaimana dikerjakan Yahudi dan Nasrani. Dan saya sangat heran ketika
saya mengatakan Allah telah berfirman, Rasul telah bersabda dan para ulama juga
telah mengatakan, akan tetapi dia tetap mengatakan pada kami: ”Syeikh saya
mengatakan kepada begini dari syeikhnya. Dan Syeikh saya merupakan rujukan
setiap masalah.
Apakah
diperbolehkan kita menyembunyikan penjelasan ini kepada masyarakat, demi untuk
menghindari konflik ??
Aku
berlindung kepada Allah, bagaimana kita akan melakukan hal itu, padahal Allah
Ta’ala telah berfirman dalam surat Al baqarah:

Allah berfirman: ”Sesungguhnya orang-orang yang menutupi keterangan ini dan
petunjuk setelah kami jelaskan kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itulah
orang yang mendapatkan laknat dari Allah dan laknat manusia” (Al
Baqoroh : 159)

Allah berfirman: ”Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah diturunkan Allah,
yaitu Al Kitab dan menjualnya dengan harga yang sedikit (murah), mereka itu
sebenarnya tidak memakan (tidak menelan) ke dalam perutnya melainkan
api, dan Allah tidak akan
berbicara kepada mereka pada hari kiamat dan tidak
mensucikan mereka dan bagi mereka siksa yang amat pedih” (Al
Baqoroh : 174)
Allah juga
berfirman:

”Dan
ingatlah ketika Allah mengambil perjanjian kepada ahli Kitab, bahwasanya mereka
akan menjelaskan kepada manusia dan tidak menutup-nutupinya. Akan tetapi mereka
melemparkan kebelakang punggung mereka dan menukarkannya dengan harga yang
murah, amat buruklah apa yang mereka beli “.(Al Imron : 187)
Bersabda
Rasulullah saw: ”Apabila bidah sudah muncul dan sahabatku sudah dicaci maki maka
hendaklah orang yang alim menampakkan ilmunya, maka barangsiapa yang tidak
mengerjakanya baginya laknat Allah, Malaikat dan seluruh manusia. Allah tidak
akan menerima dari mereka alasan apapun“.
Beliau juga
bersanda: ”Tidak ada seorangpun yang diberi ilmu oleh Allah kemudian dia
menyembunyikannya, kecuali nanti di hari kiamat Allah akan membelenggunya dengan
belenggu dari neraka“.
Beliau juga
bersabda: ”Apabila akhir ummat ini telah melaknat umat yang lebih dahulu: maka
barangsiapa yang menyembunyikan satu hadits sungguh dia telah menyembunyikan apa
yang diturunkan Allah (diriwayatkan Ibn Majah ).
Dan tidak
cukup hanya melarang mereka, akan tetapi wajib bagi setiap muslim untuk tidak
menjadikan mereka sebagai wali dan sahabat, jika tidak laknat Allah akan
menimpa umat ini sebagaimana ditimpakan kepada bani Israel.



Allah
berfirman: ”Telah dila'nati orang-orang kafir dari Bani Israil dengan lisan Daud dan Isa
putera Maryam. Yang demikian itu, disebabkan mereka durhaka dan selalu melampaui
batas." (Al Maidah : 78)"Mereka satu sama lain selalu tidak melarang tindakan munkar yang mereka perbuat.
Sesungguhnya amat buruklah apa yang selalu mereka perbuat itu."(Al Maidah: 79)
"Kamu melihat kebanyakan dari mereka tolong-menolong dengan orang-orang yang kafir (musyrik). Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka sediakan untuk diri mereka, yaitu kemurkaan Allah kepada mereka; dan mereka akan kekal dalam siksaan." (Al Maidah : 80)
"Kamu melihat kebanyakan dari mereka tolong-menolong dengan orang-orang yang kafir (musyrik). Sesungguhnya amat buruklah apa yang mereka sediakan untuk diri mereka, yaitu kemurkaan Allah kepada mereka; dan mereka akan kekal dalam siksaan." (Al Maidah : 80)
Bersada
Rasulullah saw: ”Sesungguhnya seorang dari bani Israel apabila melihat
saudaranya melakukan perbuatan dosa, dia melarangnya. Maka
keesokan harinya dia tidak mencegahnya dikarenakan dia adalah sahabatnya
temannya. Maka ketika Allah melihat hal itu maka Allah pukulkan
hati-hati
diantara mereka dan Allah melaknat mereka melalui lesan Nabi Dawud dan
Nabi Isa
ibn Maryam. Dengan sebab mereka telah bermaksiat dan melampaui batas."
Apakah
kalian ingin agar kami menyembunyikan ilmu yang ada pada kami demi setetes
kenikmatan dunia? Demi Allah kami tidak akan menyembunyikan ilmu yang ada selama
hayat di kandung badan.
Kapan
kita melupakan masa lalu dan menyelesaikan perbedaan yang sudah berumur 14 abad
ini? Masihkan ada kesempatan untuk melakukan pendekatan ?
Apakah akan
pernah berhenti pertempuran antara haq dan bathil? antara tentara Allah melawan
tentara setan? Apakah kaum rafidhoh menyesali masa lalu mereka yang penuh
dengan lumuran darah? Bahkan apakah mereka mau menghentikan permusuhannya
terhadap Islam? Kalaulah seandainya celaan mereka hanya ditujukan kepada kita
saja, niscaya kami akan memaafkan, akan tetapi celaan mereka tujukan kepada
keluarga Rasulullah saw, kepada para sahabatnya, istri-istri dan mertuanya?
bagaimana kita bisa memaafkan mereka? Pertentangan ini akan terus berlangsung
sebagaimana di sabdakan Nabi saw: ”Sehingga Dajjal keluar, dan kamu muslimin
memerangi nya dan juga para tentaranya dari kaum Yahudi, Musyrikin dan Rafidhoh
“.⠠
Dan
bagaimana mungkin bisa dilakukan pendekatan antara orang yang percaya bahwa al
Qur’an telah mengalami perubahan dengan berkeyakinana bahwa ada kitab-kitab
yang diturunkan kepada imam-imam mereka setelah Al Quran ini? Mereka juga
memandang bahwa kedudukan imam lebih tinggi dari para Nabi, imamah menurut
mereka adalah sebagaimana para Nabi atau bahkan lebih, mereka juga menafsirkan
ibadah kepada Allah yang merupakan risalah para rasul dengan membelokkannnya
dari makna yang hakiki dan menganggap bahwa ibadah pada Allah adalah ketaatan
kepada imam, dan syirik pada Allah adalah adalah syirik pada imam, menyekutukan
imamah, mereka juga mengkafirkan para sahabat yang terbaik, mereka juga melaknat
istri Nabi yang juga ibu kaum mukminin. Mereka menetapkan para sahabat telah
murtad kecuali hanya satu, dua atau tiga atau empat atau tujuh saja sesuai
perbedaan riwayat yang ada pada mereka?! Saya sarankan wahai saudaraku, untuk
membaca kembali khuthbah syeikh Khudaifi Imam Masjid Nabawi tentang pendekatan
antara sunni dan syiah.
Dan yang paling penting untuk diketahui, bahwasanya
kaum extrimis syiah yang pada masa silam hanya berjumlah sedikit, tetapi setelah
itu dan sampai sekarang ini pengikut syiah seluruhnya meyakini akidah dan
keyakinan-keyakinan yang diyakini oleh kaum extrimis di atas tanpa kecuali. Hal
ini diakui oleh ulama besar mereka Ayatullah Mamaqoni yang berkata saat
menceritakan biografi perowi syiah yang termasuk kaum ghulat: “
keyakinan-keyakinan yang dahulu hanya ada pada kaum ghulat telah berubah menjadi
pokok-pokok keyakinan mazhab syiah saat ini”. Seperti yang kita ketahui bahwa
ulama ahlussunnah mengkafirkan kaum syiah ghulat masa silam, dengan itu maka
bisa diketahui status penganut syiah saat ini.[3]
Apa
komentar anda tentang mereka yang masih berusaha melakukan pendekatan ?
Sesungguhnya masalah pendekatan antara sunni dan syiah, adalah masalah yang
senantiasa dilontarkan
oleh para penulis – mereka menamakan diri mereka dengan “mutanawwirin” (kelompok
yang tercerahkan), Padahala tidak diragukan lagi bahwa mereka yang dicerahkan
Allah bashirohnya bahwa aqidah syiah semenjak dahulu sampai sekarang merupakan
aqidah yang bertentangan dengan aqidah yang diyakini oleh kaum muslimin[4]
dan juga bertentangan dengan aqidah salaf.
Kami sangat
heran terhadap mereka yang memandang pesimis permasalahan ini dianggap kelompok
yang ekstrim dan berlebihan. Maka akan kami katakan kepada mereka dengan jelas,
dan kepada siapa saja yang menginginkan pendekatan antara sunni dan syiah: ”Kami
sepakat dan kami setuju akan tetapi dengan satu syarat, berhukum dengan
Kitabullah dan sunnah Rasul yang sahih”, karena Allah memerintahkan kepada kita
semua ketika terjadi perselisihan supaya mengembalikan permasalahan kepada
kitabullah dan sunah rasul.

“Jika
kamu berselisih dalam satu perkara maka kembalikanlah kepada Allah dan Rasul…..
.“ (Annisa’
59)
Kami katakan kepada mereka yang ingin mendekatkan
antara sunni dan syiah “Bagaimana mungkin kita akan mengadakan pendekatan kepada
orang yang telah menghina orang-orang terbaik kita, dan orang terbaik setelah
para Nabi dan rasul. Bagaimana mungkin kita akan melakukan pendekatan kepada
mereka yang mencela Abu bakar, Umar dan Utsman. Bahkan sudah menjadi ketetapan
mereka, dan juga termaktub dalam kitab-kitab mereka bahwa semua sahabat telah
murtad dan kafir. Mereka tidak mengecualikan kecuali hanya beberapa orang saja,
seperti Abu Dzar, Bilal, Miqdad dan Salman. Apabila mereka menganggap kafir dan
murtad para sahabat, siapakah yang menyampaikan kepada kita semua syariat ini,
al Quran dan sunnah kalau bukan mereka?[5]
sebagaimana dikatakan sebagaian salaf: ”Mereka ingin menyerang para saksi kita,
kalaulah kita berkeyakinan demikian –na’udzubillah-
bagaiamana kita percaya dengan apa yang mereka sampaikan kepada kita, bagaimana
kita membenarkan mereka , wahai umat Muhammad dimanakah akalmu?[6]
Kami juga
mengatakan: ”Bagaimana mungkin kita mengadakan pendekatan dengan mereka yang
menuduh Ibu kita Aisyah telah melakukan zina, padahala sangat tidak mungkin
mereka berdua melakukan hal itu. Padahal Allah ta’ala telah membersihkan mereka
berdua dari tuduhan itu dengan diturunkannya ayat yang akan terus dibaca sampai
hari akhir. Mereka tidak menginginkan kecuali hanya mendustakan Qur’an dan
mereka yang mendustakan Al Qur’an adalah kafir dan batal keislamannya.
Apabila
syiah meyakini bahwa Al Quran telah diubah, maka mereka selamanya tidak akan
beriman kepadamu. Tidakkah kita mendengar firman Allah :

” Apakah kamu
menginginkan mereka untuk beriman kepadamu, padahal sebagian diantara mereka
ada yang mendengar kalam Allah akan tetapi kemudian mereka memutar balikkan
setelah mereka memahaminya dan mereka mengetahuinya”... (QS.Al Baqoroh:
75).
Untuk apa
membuang-buang waktu dengan mengadakan dialog dengan mereka. Barangkali
anda telah lupa firman Allah tentang kaum Yahudi:

”Mereka
mengatakan bahwa dalam hati kami ada tutupnya, bahkan Allah telah melaknat
mereka dengan sebab kekufurannya, maka amat sedikit dari mereka yang beriman“.
(QS. Al Baqoroh: 88)
Perhatikan
firman Allah “qolilan ma yukminun“ artinya amat sangat jarang diantara
mereka yang mau masuk islam. Diantara mereka sudah kita ketahui, Ummul Mukminin
Shofiyah dan juga sahabat besar Abdullah bin Salam dan yang lainnya yang menjadi
seorang muslim yang baik. Maka apabila hal ini berlaku untuk Yahudi, bagaimana
dengan rafidhoh???
Mengapa
kamu memperingatkan satu kaum yang Allah hendak membinasakan atau mengadzab
mereka dengan adzab yang pedih ??
Sebagai
tanda bahwa kami telah menyampaikan kebenaran dan semoga mereka mau kembali pada
ajaran yang benar. Adakah anda lupa dengan kisah ashabus sabt ( mereka yang
terlibat dalam kisah hari sabtu), mereka ada tiga kelompok. Satu kelompok mereka
melanggar kesucian hari sabtu dan mereka menzalimi mereka sendiri. Satu kelompok
lagi mereka tidak menzalimi diri mereka akan tetapi mereka tidak mengingkari
mereka atau tidak memisahkan diri dari mereka. Dan satu kelompok lagi yang
mencegah kemungkaran dan memerintahkan yang makruf serta memilih memisahkan diri
dari mereka, bahkan mereka membatasi diri mereka dengan dinding. Maka ketika
azab Allah datang, Allah menjadikan dua kelompok yang pertama menjadi kera dan
babi-babi dan Allah menyelamatkan kelompok yang mencegah mereka dari maksiat.
Demikian difirman allah dalam surat Al A'raf :165.

"Ketika
mereka lupa dengan peringatan, maka kami selamatkan mereka yang mencegah dari
kemaksiatan , dan kami siksa orang-orang yang zalim dengan azab yang pedih
dengan sebab kefasikan mereka“.
(QS.
Al A’raf: 165)
Dan kami
juga pernah mengkisahkan tentang kembalinya salah satu ulama besar mereka
“Ayatullah Abul Fadhl al Burqoi kepada Islam dan juga Ahmad Al Kisrawi serta
tentang islamnya salah satu pemuda mereka. Dan ini adalah salah satu ulama besar
mereka Dr. Musa al Musawi, dan saya juga pernah mengislamkan salah satu orang
syiah rafidhoh berkebangsaan Iran. Kemudian
ketahuilah
bahwa meskipun Allah Ta’ala sudah mengetahui bahwasanya Firaun tidak akan
beriman kepada Musa, Allah tetap memerintahkan kepada Musa untuk tetap pergi
mendakwahinya. Dakwah ini adalah fardhu kifayah bagi kita semua, apabila tidak
ada yang menjalankannya maka kita semua berdosa. Maka kami memanjatkan syukur
kepada Allah bahwa masih ada orang yang mau menjalankan tugas ini.
Terakhir
saya ingin menanyakan siapa sebenarnya anda ??
Kami adalah
golongan yang ditokong “thoifah manshuroh” yang menetapi manhaj yang telah
ditetapkan Nabi saw. Kami adalah firqoh najiah “golongan yang selamat“
sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi saw: ”Sungguh akan datang pada umatku
apa yang pernah datang pada bani Israel setapak demi setapak. Bahkan jika bani
israel ada yang menyetubuhi ibunya dengan terang-terangan, maka dari umatku juga
akan ada yang melakukan itu. Dan sesungguhnya bani israel akan terpecah belah
menjadi 72 golongan, dan umatku akan terpecah menjadi 73 golongan semuanya akan
masuk neraka, kecuali hanya satu kelompok. Mereka bertanya: ”siapa mereka wahai
Rasulullah? Bersabda Nabi: ”Kelompok yang menetapi ajaranku dan para sahabatku
“.
Beliau juga
bersabda: ”Orang Yahudi akan pecah menjadi 71 golongan, satu golongan disurga
dan yang tujuh puluh masuk neraka. Orang nasrani akan terpecah menjadi 72
golongan, 71 golongan akan masuk neraka dan hanya satu yang masuk surga.
Dikatakan kepada Rasulullah: ”siapakah mereka ?” Berkata Nabi: ”mereka adalah
Jamaah”.(dikeluarkan oleh ibn Majah, Turmuzi Abu Dawud, Ahmad dan Darimi, dan
masih banyak yang lainnya.(
Kami adalah
pengikut setia bagi mereka yang difirmankan Allah :

”Dan orang-orang yang
berkata sesudah mereka, mereka mengatakan wahai Rob kami ampunilah kami dan
saudara-saudara kami yang telah mendahului kami beriman, dan janganlah Engkau
jadikan dalam hati kami sifat dengki terhadap orang-orang yang beriman. Ya
Allah Engkau Adalah Maha Pengasih lagi Penyayang“.
(QS. Al Hasyr: 10)
Kami adalah
kelompok yang meniti jalan pertengahan “wasathon” kami tidak membeci
sahabat Rasulullah saw, sebagaimana dilakukan syiah dan Khowarij. Kami juga
tidak menyembah kuburan mereka sebagaimana dilakukan orang-orang sufi. Akan
tetapi kami berada di atas sunah Rasulullah dan manhaj para salafus saleh.
Ketauhilah kami adalah Ahlus Sunnah wal jama’ah.
[1]
Rawafidhul Islam. Rafidhoh artinya kaum penolak, penganut syiah disebut
rafidhoh karena menolak kekhilafahan Abubakar.
[2]
Lalu siapa tuhanmu wahai Al Jaza’iri?
[3]
yang menganut keyakinan kaum extrimis syiah masa lalu.
[4]
Yang diyakini oleh kaum muslimin adalah ajaran Islam itu
sendiri.
[5]
Ajaran yang dibawa oleh orang kafir adalah merupakan
kebatilan. Jika sahabat Nabi dianggap kafir, maka dia secara langsung
mengkafirkan kaum muslimin, karena kaum muslimin mengikuti. Ajaran sahabat
.Dan yang mengikuti ajaran orang kafir adalah kafir.
[6]
Bagaimana kita bisa percaya terhadap ajaran yang dibawa oleh
orang kafir?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar